Kamis, 20 Januari 2011

Salah Satu Masalah Remaja


Tugas Budi Pekerti oek waktu SMP.. Itung2 bisa dibikin nasihat dan nambah2 entri blog oek, wekekekekek rancakbana! :D


KURANG RELIGIOUS

          Kurang religious merupakan salah satu faktor internal yang menjadikan remaja rentan terhadap kenakalan atau penyalahgunaan narkoba. Remaja yang pendidikan agamanya kurang maka akan membuat pengenalan dan pemahaman akan Tuhan sangat lemah. Anak menjadi kurang mendalami ajaran agama, sehingga pendalaman etika moral yang terkandung dalam ajaran agama sangat rendah. Remaja ini memiliki kontrol diri yang sangat kurang, termasuk pada godaan penyalahgunaan narkoba.
          Di dalam pendidikan agama diajarkan mana yang baik dan mana yang buruk, jadi remaja yang tidak mengerti pendidikan agama akan sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Pendidikan agama sangat penting untuk menuntun kita dalam menghadapi masalah dalam hidup kita, salah satunya adalah dengan tidak merasa putus asa. Jika seseorang yang pendidikan agamanya kurang, maka dalam menghadapi masalah ia akan mudah putus asa. Salah satu cara menghilangkan rasa putus asa itu adalah dengan memakai narkoba, maka dari itu tidak sedikit remaja yang kurang religious yang terjerumus dalam narkoba.
          Dalam pendidikan agama kita juga diajarkan tentang sikap dan moral yang baik antar sesama manusia. Hal ini bertujuan untuk menjadikan kita manusia yang beradab dan bermoral kepada semua orang. Sehingga orang yang pendidikan agamanya baik, maka orang itu akan bersikap baik kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, jika orang yang pendidikan agamanya kurang maka ia akan sering berbuat kenakalan yang pastinya akan merugikan orang lain. Hal ini disebabkan karena ia tidak mengerti bagaimana cara bersikap dan bergaul yang baik dengan orang lain.
Contoh-contoh sikap remaja yang kurang religious, antara lain :
-         Jarang bersembahyang,
-         Jarang berdoa kepada Tuhan YME,
-         Tidak mengerti pendidikan agama,
-         Tidak bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan YME,
-         Berperilaku yang dilarang agama,
-         Tidak menghargai ajaran agama yang ada,
-         Mengabaikan perintah-perintah agama,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar